3 Hal Penting - Dunia Yaya

Sabtu, 24 Juni 2017

3 Hal Penting

Ramadhan sebagai bulan yang penuh nikmat dan maghfirah a kan segera pergi. Sebulan bersama ramaadhan, merupakan suatu proses belajar bagi manusia. belajar menjadi lbih baik. Ramadhan adalah madrasah bagi ummat islam. Bukan hanya belajar untuk ibadah horisontal tetapi juga berbuat kebaikan secara horisontal. Bukan hanya sibuk dengan urusan ibadah tetapi juga dibelajarkan untuk peka dengan keadaan sosial sekitar. Lihat saja bertaburan zakat, infak dan sedekah.

Ada pesan Rasulullah dalam meninggalkan bulan ramadhan. Pesan ini akan membuat kita menjadi manusia yang mendapatkan kebaikan ramadhan, karena ada efek ramadhan yang ada dalam diri kita.

  1. menjaga wudhu dalam keadaan apapun. apalagi saat ingin tidur. karena wudhu adalah kegatan mensucikan diri. dengan keadaan suci, tentu seseorang akan juga berusaha menjaga diri, sikap dan perbuatan untuk tetap lurus.
  2. Meringankan langkah kaki ke mesjid. Makna tersirat dari hal ini adalah tiap kita sebaiknya setelah pembeajaran di bulan ramadhan, kita senantiasa menjaga shalat berjamaah di masjid setiap waktu. apalagi bagi seorang laki-laki. kita ketahui bahwa shalat tarwih adalah moment bagi ummat islam berbondong-bondong menuju masjid melaksanakan shalat, disitulah terlihat bahwa ummat islam ini banyak dan kuat. bilakah shalat sehari-hari pun bisa seperti itu?. apalagi seperti shalat Ied, Ummat islam benar-benar berbahagia menuju tempat shalat. bisakah?
  3. Menunggu shalat setelah shalat. menurut beberpa ahli tafsir bahwa maksud dari kalimat ini adalah, seorang muslim mestinya mampu mengaplikasikan shalat yang dia lakukan dalam kehidupannya sehari-hari. Tidk hanya rutinitas shalat, tetapi juga mampu mengejawantahkan shalat yang dia lakukan itu dalam kehidupannya sehari-hari. pernah juga saya membaca sebuah tulisan bahwa, hidup ini sebenarnya hanya kumpulan waktu menunggu shalat setelah shalat. Artinya hidup kita sebenarnya adalah kumpulan shalat. aktivitas lain hanyalah rehat bagi kita mengumpulkan amalan lain di dunia ini.
Wallahu 'alam

Tidak ada komentar:

Silahkan tinggalkan komentar