Dan Juga Perihal Waktu - Dunia Yaya

Minggu, 20 Agustus 2017

Dan Juga Perihal Waktu

Dan juga hanya perihal waktu kita akan tahu apa makna dari proses yang dijalani. Karena sebesar apa usaha kita menjauhi sebuah jalan, tetap saja akan dijalani jika menurutNya itu harus.

Dan hanya perihal waktu, kita akan tahu sesuatu itu adalah fakta atau kebenaran. Bisa jadi kebenaran yang kita yakini dalam pikiran bukanlah kebenaran yang ada dipikiran orang lain. Kebenaran bagiku belum tentu kebenaran bagimu. Apa yang dianggap benar belum tentu adalah fakta. Dan apa yang terlihat sebagai fakta belum tentu itulah kebenarannya.

Dan hanya perihal waktu, kita akan berkata maaf dan terima kasih. Kata sederhana yang tidak selalu diberikan karena kita mendapatkan hal yang baik. Kelak, meski diliputi rasa amarah dan kecewa, ada masanya semua emosi itu berakhir dengan kata "ternyata". Lalu meluncurlah kata maaf dan terima kasih.

Dan hanya perihal waktu, kita akan tersenyum memutar setiap sejarah yang telah dilalui. Mungkin akan keluar gumaman "begitu lucunya kita dahulu". Setiap rasa sakit yang mungkin pernah dihempaskan akan berubah rasa. Karena waktu selalu bisa men-tawar-kan sebuah rasa. Waktu selalu sabar menunggu kita tersenyum. Waktu selalu setia menemani kita menjadikan semua biasa-biasa saja.

Dan hanya perihal waktu, kita berada pada dimensi pikiran yang berbeda. Membuat kacamata kita berbeda dalam menerima, memdefenisikan, merasakan, dan mengabarkan. Mungkin kita sama. Namanya sama, Rasanya sama. Hanya sudut pandang kita sebagai apa yang membuat kita lebih merasa terpuruk.

Dan hanya perihal waktu sampai kita akan tahu mana yang salah dan mana yang benar. Mana ilusi mana kenyataan. Mana hipotesa mana kesimpulan. mana yang harus dilakukan mana yang mesti ditinggalkan. Mana kebaikan mana keburukan. dan yang mana kebahagiaan mana petaka. 

Hanya masalah waktu hingga hati-hati kita bisa menerima. Dan juga hanya masalah waktu, hingga takdir yang akan menjawab semua penerimaan kita.
#daninipunperihalwaktu
#190717