Bintang Tak Selalu Terang - Dunia Yaya

Minggu, 09 April 2017

Bintang Tak Selalu Terang

Apakah bintang selalu terang? Rasanya lampu lebih terang di malam hari daripada bintang. Bahkan lilin pun tampak lebih terang. Tetapi mengapa banyak yang lebih memuji bintang?. Itu karena bintang bersinar di langit yang gelap. Kegelapan menjadi lebih indah dengan hiasan bintang. Meski hanya kedipan cahaya, tetap saja mengagumkan bukan?

Apakah semua bintang terang? Ada banyak bintang. Namun yang lebih nampak bagi mata adalah dia yang paling terang. Bagaimana ketika langit tampak terang karena cahaya lampu di mana-mana?. Bintang kemudian jadi tak kelihatan. Manusia pun bergumam "ahh... tak ada bintang malam ini". Benarkah bintang tak ada?. Bukankah bintang selalu ada, tak pernah hilang atau pergi. Selalu saja ada di langit. Mungkin posisinya berubah karena rotasi, namun keberadaannya selalu ada. Atau digntikan oleh bintang yang lain. Mengapa tak tampak? Karena usaha belumlah usai. Kadang dibutuhkan usaha yang lebih untuk melihat bintang. Butuh lebih fokus untuk menunjuk keberadaannya. Meski pada akhirnya cuma berupa kedipan cahaya, tetapi orang akan bergumam "hey... lihat disana. Bintang itu terang". 

Pun akan sama dengan manusia. Terkadang yang nampak di depan mata hanya yang berkilauan bak permata. Yang paling pintar yang paling cerdas. Yang paling cantik. Yang paling kaya. Yang paling keren. Yang jd pejabat. Yang pekerjaannya mapan. Yang hebat ini dan hebat itu. Kita lupa melihat bahwa di sekitar kita masih banyak hal yang perlu dikagumi dan diakui. Hanya pengakuan kita sebatas pada apa yang langsung tampak. Terkadang kita mudah menjudge seseorang bodoh, kurang, tidak mumpuni, tidak cerdas, tak punya potensi, tak punya kompetensi. Benarkah??? Bukankah Allah menciptakan makhluk dengan keunikannya masing-masing?. Berarti tiap individu pasti punya kelebihan. Pun sama dengan anak didik kita. Jangan mendefenisikan potensi hanya pada mereka yang pandai matematika. Pandai ilmu eksak. Atau pandai bahasa inggris. Sedangkan dia yang pandai mengorganisir teman-temannya kita lupakan. Atau sekedar menjadi tempat berbagi cerita bagi temannya kita lupakan. Itu juga potensi!. 

Ingatlah... 
"Tidak semua bintang terang. Yang membuat terang adalah keinginan untuk melihatnya".